Menu Close

Usaha Poster Kayu yang Libatkan Penyandang Disabilitas

Usaha Poster Kayu yang Libatkan Penyandang Disabilitas

Seluruh bisa disebabkan terlatih. Ya, di tengah-tengah kebatasan yang dipunyai, Muhammad Ikhwan Tariqo rupanya sukses membuat produk yang berharga seni tinggi tetapi ekonomis.

 

Ikhwan membuat produk hiasan dinding berbentuk poster kayu memakai bahan kayu MDF yang digabungkan dengan design inovatif. Produk seni yang ekonomis itu lahir dalam merek DEKARDEKOR. Makna nama DEKARDEKOR juga diterangkan Ikhwan ialah aktivitas mengutak-atik dekor seperti keinginan.

“Kami mempunyai beberapa ratus design yang dapat diputuskan sesuai topik ruang apa saja,” kata Ikhwan.

Saat sebelum membangun DEKARDEKOR, awalannya Ikhwan jadi dropshipper dari usaha rekan yang sama. Dropship jadi ketetapannya waktu itu sebab Ikhwan akui tidak punyai cukup modal untuk bikin produk poster kayu.

Tetapi makin lama, keinginan makin banyak. Ikhwan juga memikir untuk mulai menghasilkan poster kayu sendiri. Dengan bekal kekuatan di bagian pemasaran digital serta dengan modal tabungan Rp15 juta, Ikhwan membangun DEKARDEKOR.

Tetapi dibalik keunggulannya itu, Ikhwan mengetahui jika ia susah membuat produk bermutu sebab kebatasan visual. Ya, Ikhwan ialah penyandang disabilitas tunanetra.

Meskipun begitu, Ikhwan tidak patah semangat. Ditolong si istri, Ikhwan mulai beli bahan baku serta lakukan produksian. Dengan sasaran pasar wanita muda umur 17-40, Ikhwan sukses membuat produk poster kayu yang simpel, gampang dibikin, serta mudah direplikasi.

Tiap hari, DEKARDEKOR sanggup menghasilkan 300-500 pesanan, pada harga produk seputar Rp10-50 ribu yang ditawarkan lewat marketplace (Shopee) serta WhatApp (spesial untuk custom desain). Dengan pesanan yang melonjak sehari-harinya, Ikhwan memutus mengambil satu pegawai untuk design serta produksi.

Hingga saat ini, ia telah mempunyai enam pegawai serta dua pegawai terlepas untuk jalankan DEKARDEKOR.

Untuk memulai usahanya, Ikhwan cenderung pilih pegawai yang mempunyai tingkat pengajaran rendah. Ikhwan bahkan juga ingin mengajar pegawainya untuk mempertajam ketrampilan dalam pekerjaan, seperti desain grafis serta digital pemasaran.

Dengan loyalitas itu, Ikhwan juga mengharap supaya DEKARDEKOR jadi social enterprise yang bisa berubah jadi startup. Ikhwan mengharap, melalui DEKARDEKOR, rekan-rekan penyandang disabilitas (disabilitas fisik, rungu wicara, psikis) untuk salurkan kreasinya.

“Dengan program ini, saya mengharap kecuali mempunyai kanal pendistribusian talenta, mereka bisa juga memperoleh recurring commission sepanjang usaha ini berjalan,” kata Ikhwan.

Menariknya kembali, Ikhwan buka peluang untuk masyarakat di seputar rumahnya yang ingin belajar internet pemasaran, dengan mengikut seminar. Aktivitas positif ini bekerja bersama dengan komune, organisasi, perusahaan, serta pemerintah.

Karena tekad serta semangatnya jadi pebisnis berhasil, sekarang ini DEKARDEKOR dapat mengantongi omzet Rp100 juta per bulan.

DEKARDEKOR juga sukses jadi Juara I dalam gelaran Inovatif Lokal Award 2020 persembahan Adira Finance yang dipublikasikan semalam. Bila kamu pengin menyaksikan produknya, silakan datangi site ini atau langsung berbelanja di sini.

Untuk dipahami Festival Inovatif Lokal 2020 ialah aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerja bersama dengan Kemenparekraf RI bertopik #BangkitBersamaSahabat yang diselenggarakan mulai Agustus 2020 sampai Januari 2021 kedepan. Aktivitas ini adalah wujud suport Adira Finance pada program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal serta Senang Bikinan Indonesia.

error: Content is protected !!