Menu Close

Industri Manufaktur Tumbuh 5,25 Persen di Kuartal III 2020

Industri Manufaktur Tumbuh 5,25 Persen di Kuartal III 2020

Menteri perindustrian agus gumiwang menjelaskan perkembangan bidang industri manufacturing di antara kuartal ii serta kuartal iii 2020 sejumlah 5.25 %.

 

“nah ini adalah hal yang paling positif yang menurut kami kurang lebih kita telah pada status rock bottom pada kuartal ii serta semoga di depan kita mulai akan memperlihatkan proses pemulihan.” kata agus dalam talkshow update kpcpen: pemulihan ekonomi nasional. Senin (9/11/2020).

Dianya benar-benar percaya jika resiliensi dari bidang industri manufacturing yang berada di indonesia ini lumayan kuat. Serta tinggi. Dan semangat pebisnis di industri itu untuk selalu memberi andil pada ekonomi tinggi.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya banyak beberapa perusahaan industri yang ajukan izin operasional serta mobilisasi aktivitas industri (iomki) ke kementerian perindustrian.

Disamping itu. Dia menyebutkan purchasing managers indeks (pmi) di bidang industri adalah confidence beberapa manager di dunia industri dalam lakukan purchasing untuk bahan baku.

Kata agus pmi ini telah memperlihatkan hal yang positif. Bila dibanding saat covid-19 mulai masuk di indonesia pada februari-maret sekarang ada dalam status menggelinjang.

Dianya yakin saat sebelum usai 2020. Pmi ini dapat masuk di titik 50 %. Di mana titik 50 % itu bermakna industri dalam negeri telah tiba pada posisi pengembanganf.

Seterusnya. Pada umumnya bidang industri semua tumbuh bila dibanding dengan kuartal ii 2020. Tetapi bila dibanding dengan tahun 2019. Masihlah ada desakan-tekanan untuk tahun 2020 ini. Misalkan produksi mobil pada kuartal iii 2020 capai 113.560 unit atau naik sejumlah 172 %.

“ini kuartal to kuartal. Jadi dari kuartal ii ke kuartal iii itu ada peningkatan 172 %. Tetapi jika dibanding dengan yoy ini ada pengurangan sejumlah 68.47 %.” terangnya.

Walau sebenarnya kita ketahui jika industri otomotif ini adalah industri yang penting sebab turunannya mata rantainya itu banyak. Ditambahkan keterlibatan dari industri kecil serta menengah untuk memberikan dukungan industri otomotif.

Selanjutnya contoh yang lain. Produksi semen di kuartal iii 2020 sejumlah 18.1 juta ton dibanding kuartal ii naik 42.09 %. Tetapi secara rerata tahun 2019 dibanding 2020 itu turun sejumlah 9 %.

“tetapi bottom line nya kita telah menyaksikan jika ada kurva positif dari seluruh bidang industri dimulai dari kuartal iii ini.” ujarnya.

Robot sudah gantikan juta-an karyawan manufacturing di as serta mekanisasi makin murah. Makin hebat serta memasuki ke bidang layanan. Voa

 

error: Content is protected !!